PEMERINTAH KOTA TARAKAN
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 TARAKAN
Jalan Ki
Hajar Dewantara No. 18 Telepon (0551) 21217 Fax. (0551) 34082 Tarakan Kode Pos
77112
TUGAS MEMPRODUKSI TEKS BIOGRAFI
SMA NEGERI 1 TARAKAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
SMA NEGERI 1 TARAKAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal Pelaksanaan Wawancara Biografi : Sabtu/15 November 2015
Lokasi Wawancara Biografi : 08.00 – 08.30
Kelas/Program : XI/MIA 5
Anggota Kelompok : Indah Cahyani & Mahdyana Tanra S
Hari/Tanggal Pelaksanaan Wawancara Biografi : Sabtu/15 November 2015
Lokasi Wawancara Biografi : 08.00 – 08.30
Kelas/Program : XI/MIA 5
Anggota Kelompok : Indah Cahyani & Mahdyana Tanra S
1. Foto Kegiatan Wawancara Teks Biografi
2. Daftar Riwayat Hidup “Tri Sejati” (MENGACU PADA TABLE HALAMAN
149)
No
|
||
1.
|
Nama Lengkap
|
Tri Sejati
|
2.
|
Nama Gelar
|
Tri Sejati S.Pd, M.Sc
|
3.
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Klaten ,03 Agustus 1975
|
4.
|
Nama Orang Tua
|
1. Hadi Sumarto
2. Rabiem
|
5.
|
Nama Suami
|
Sudarjo
|
6.
|
Jumlah dan Nama Anak
|
1. Zini Ade Saputra
2. Zizah Ana Aulia
3. Zaki Mufid Saputra
|
7.
|
Riwayat Pendidikan
|
1. SD Merisem 2 di Klaten
2. SMP Kanisius Klaten
3. SMAN 1 Delanggu Klaten
4. Lulusan S1 di perguruan tinggi IKIP Semarang yang dulunya adalah UNES
5. Mengakhiri
pendidikannya di perguruan tinggi UGM sebagai lulusan S2
|
3. Teks Biografi “Tri Sejati”
Tri
Sejati Sang Guru Yang Terkenal Kedisiplinannya
ORIENTASI
Tri
Sejati yang biasa dikenal dengan Tri lahir pada 03 Agustus 1975 di Klaten, Jawa
Tengah. Dia di lahirkan dari pasangan Hadi Sumarto dan Rabiem yang berprofesi
sebagai guru, tetapi Rabiem sudah ditinggalkan oleh suaminya. Ibu dari Tri
Sejati saat ini berada di Samarinda bersama dengan anaknya. Ia berasal dari
keluarga yang sederhana dan sangat mementingkan pendidikan. Pria yang saat ini
mendampinginya adalah Sudarjo yang berprofesi sebagai guru fisika di SMAN 1
TARAKAN. Mereka mempunyai tiga orang anak yang
pertama bernama Zini Ade Saputra bersekolah di SD Patra Dharma, yang
kedua Zizah Ana Aulia bersekolah di SD Patra Dharma, dan yang terakhir
Zaki Mufid Saputra bersekolah di TK Ekadayasa Bandara Juwat. Sekarang
mereka bertempat tinggal di Jl. Rawa Sari Indah Rt.2 no.67 . Ia memiliki 4
saudara, yang pertama Inrayani Sutami , kedua Llis Setiarti , yang ketiga
Budianto, tetapi anak yang terakhir
telah meninggal pada saat masih kecil , dan ia adalah anak yang ke tiga.
PERISTIWA DAN MASALAH 1
Masa
kecil Tri Sejati sama halnya seperti masa kecil anak-anak sebayanya, yaitu
bermain, canda tawa, dan tidak mengenal teknologi seperti anak-anak sekarang
yang hanya bisa duduk diam dirumah dengan menatap layar smartphonenya sehingga mereka tidak dapat merasakan betapa
berharganya masa kecil itu.
PERISTIWA
DAN MASALAH 2
Tri Sejati bersekolah
di salah satu SD Merisem 2 di Klaten, SMP Kanisius Klaten, SMAN 1 Delanggu,
Klaten , lulusan S1 di perguruan tinggi IKIP Semarang yang dulunya adalah UNES
dan mengakhiri pendidikannya di perguruan tinggi UGM sebagai lulusan S2. Pada
saat ia menempuh pendidikannya di perguruan tinggi, ia lebih memilih tidak
tinggal bersama orang tuanya agar ia bisa hidup lebih mandiri, bisa merasakan
jauh dari orang tua dan suka duka bersama teman-temannya yang juga jauh dari orang
tuanya.
PERISTIWA
DAN MASALAH 3
Pengalamannya pada saat
ia menjalani tes perguruan
tinggi adalah ia tidak menyangka bahwa ia akan lulus, karena pada saat itu ia
melaksanakan ujian secara mendadak. Selama ia menempuh pendidikannya itu ia
tidak memikirkan hal-hal yang lain kecuali pendidikannya, apa lagi mengenai
soal percintaan yang dialami oleh banyak remaja pada saat ini. Ia magang di salah satu sekolah yaitu
SMA 12 Semarang. Setelah ia lulus di perguruan tinggi yang ia tempuh, ia
sempat mengajar selama dua tahun di SMA
Kesatuan di Samarinda.
PERISTIWA DAN MASALAH 4
Saat
ini Tri Sejati berprofesi sebagai guru kima di SMAN 1 TARAKAN sejak tahun 2000.
Ia memilih mengajar di SMAN 1 TARAKAN karena menurutnya SMAN 1 TARAKAN
merupakan sekolah favorit yang ada di TARAKAN dan juga muridnya mudah untuk
diatur, meskipun juga ada anak murid yang masih melanggar peraturan, tetapi
pelanggaran tersebut masih bisa di toleransi.
Ia mengajar mata pelajaran Kimia di kelas X, XI, maupun kelas XII.
Dimana ketika ia mengajar di kelas X materi yang ia ajarkan sedikit sulit untuk
diterima oleh murid-murid karena di kelas X materi yang di ajarkan adalah
materi dasar, untuk kelas XI sudah sedikit mudah untuk menyampaikan materi
karena materi yang ada di kelas XI merupakan materi yang sudah pernah di
ajarkan di kelas X, sedangkan untuk kelas XII sudah mudah untuk menyampaikan
materinya, karena materi yang diajarkan sudah disampaikan terlebih dahulu di
kelas X dan XI oleh sebab itu murid mudah untuk menerimanya.
PERISTIWA DAN MASALAH 5
Menurutnya,
cara terbaik untuk menyampaikan materi kepada siswa secara efektif yaitu dengan
cara meminta kepada siswanya untuk terlebih dahulu membaca materi yang ingin di
pelajari pada saat itu, sehingga pada saat ia menyampaikan materi siswa sudah
paham terhadap meteri tersebut. Jika, cara tersebut kurang efektif ia akan
meminta kepada murid yang tidak paham akan materi untuk duduk di kursi depan,
agar murid tersebut lebih paham akan materi yang di sampaikan olehnya.
PERISTIWA
DAN MASALAH 6
Guru
adalah cita-citanya sejak ia masih kecil, ia memilih untuk menjadi guru kimia
karena ia menyukai pelajaran kimia sejak di tingkat SMA. Yang memotivasinya
sebagai guru adalah orang tuanya, lebih tepatnya adalah ibunya. Tetapi pada
saat ini ia sudah mempunyai keluarga baru, sehingga yang memotivasinya adalah
suami dan anak-anaknya. Tri Sejati pun tidak memaksakan ketiga anaknya untuk
mengikuti jejaknya dan suaminya untuk menjadi guru, melainkan ia memberikan
kebebasan kepada anak-anaknya untuk memilih apa yang anaknya inginkan.
PERISTIWA DAN MASALAH 7
Selain
berprofesi sebagai guru di mata pelajaran kimia ia juga memiliki tanggung jawab
sebagai Kesiswaan di SMAN 1 TARAKAN. Hambatan yang ia alami ketika memiliki
tanggung jawab itu adalah murid yang sulit untuk di ajak kepada hal yang benar,
contohnya murid-murid yang sulit untuk menjaga kebersihan sekolah maupun di
luar sekolah.
PERISTIWA DAN MASALAH 8
Pengalaman
yang paling berkesan bagi Tri Sejati ketika ia mengajar di SMAN 1 TARAKAN
adalah ketika murid yang pernah menjadi anak muridnya menegurnya dan masih
mengenalnya. Tetapi, adapun pengalaman yang tidak berkesan baginya yaitu ketika
salah seorang murid melanggar aturan yang telah di tetapkan oleh sekolah, untuk
itu ia berharap dan berpesan untuk
murid-murid SMAN 1 TARAKAN agar menerapkan sikap disiplin yaitu disiplin waktu,
disiplin ilmu, serta disiplin beribadah. Selain itu juga harus semangat dalam
belajar dan juga menaati peraturan yang dibuat oleh sekolah.
REORIENTASI
Setelah
Tri Sejati menempuh perjalanan pendidikannya, terbukti pada saat ini ia menjadi
seorang guru yang banyak dikenal oleh murid-muridnya sekarang maupun muridnya
yang sudah lulus dan berkat ilmu yang diajarkannya muridnya dapat meraih cita-cita
yang mereka impikan. Ia adalah seorang
guru yang terkenal akan kedisiplinannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar