Selasa, 15 Maret 2016

Contoh Penulisan Biografi Seseorang



PEMERINTAH KOTA TARAKAN
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 TARAKAN
Jalan Ki Hajar Dewantara No. 18 Telepon (0551) 21217 Fax. (0551) 34082 Tarakan Kode Pos 77112
TUGAS MEMPRODUKSI TEKS BIOGRAFI
SMA NEGERI 1 TARAKAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Mata Pelajaran                                                                      : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal Pelaksanaan Wawancara Biografi                  : Sabtu/15 November 2015
Lokasi Wawancara Biografi                                                 : 08.00 – 08.30
Kelas/Program                                                                      : XI/MIA 5
Anggota Kelompok                                                              : Indah Cahyani & Mahdyana Tanra S
1. Foto Kegiatan Wawancara Teks Biografi


2. Daftar Riwayat Hidup “Tri Sejati” (MENGACU PADA TABLE HALAMAN 149)
No
Boidata Tri Sejati
1.
Nama Lengkap
Tri Sejati
2.
Nama Gelar
Tri Sejati  S.Pd, M.Sc
3.
Tempat dan Tanggal Lahir
Klaten ,03 Agustus 1975  
4.
Nama Orang Tua
1. Hadi Sumarto
2. Rabiem
5.
Nama Suami
Sudarjo
6.
Jumlah dan Nama Anak
1. Zini Ade Saputra
2. Zizah Ana Aulia
3. Zaki Mufid Saputra
7.
Riwayat Pendidikan
1. SD Merisem 2 di Klaten
2. SMP Kanisius Klaten
3. SMAN 1 Delanggu Klaten
4. Lulusan S1 di perguruan tinggi IKIP          Semarang yang dulunya adalah UNES
 5. Mengakhiri pendidikannya di perguruan tinggi UGM sebagai lulusan S2














3. Teks Biografi “Tri Sejati”
Tri Sejati Sang Guru Yang Terkenal Kedisiplinannya
ORIENTASI                                                                                                                                  
Tri Sejati yang biasa dikenal dengan Tri lahir pada 03 Agustus 1975 di Klaten, Jawa Tengah. Dia di lahirkan dari pasangan Hadi Sumarto dan Rabiem yang berprofesi sebagai guru, tetapi Rabiem sudah ditinggalkan oleh suaminya. Ibu dari Tri Sejati saat ini berada di Samarinda bersama dengan anaknya. Ia berasal dari keluarga yang sederhana dan sangat mementingkan pendidikan. Pria yang saat ini mendampinginya adalah Sudarjo yang berprofesi sebagai guru fisika di SMAN 1 TARAKAN. Mereka mempunyai tiga orang anak yang  pertama bernama Zini Ade Saputra bersekolah di SD Patra Dharma, yang kedua Zizah Ana Aulia bersekolah di SD Patra Dharma, dan  yang terakhir  Zaki Mufid Saputra bersekolah di TK Ekadayasa Bandara Juwat. Sekarang mereka bertempat tinggal di Jl. Rawa Sari Indah Rt.2 no.67 . Ia memiliki 4 saudara, yang pertama Inrayani Sutami , kedua Llis Setiarti , yang ketiga Budianto,  tetapi anak yang terakhir telah meninggal pada saat masih kecil , dan ia adalah anak yang ke tiga.
PERISTIWA DAN MASALAH 1                                                                                                   
Masa kecil Tri Sejati sama halnya seperti masa kecil anak-anak sebayanya, yaitu bermain, canda tawa, dan tidak mengenal teknologi seperti anak-anak sekarang yang hanya bisa duduk diam dirumah dengan menatap layar smartphonenya sehingga mereka tidak dapat merasakan betapa berharganya masa kecil itu.
 PERISTIWA DAN MASALAH 2                                                                                                  
Tri Sejati bersekolah di salah satu SD Merisem 2 di Klaten, SMP Kanisius Klaten, SMAN 1 Delanggu, Klaten , lulusan S1 di perguruan tinggi IKIP Semarang yang dulunya adalah UNES dan mengakhiri pendidikannya di perguruan tinggi UGM sebagai lulusan S2. Pada saat ia menempuh pendidikannya di perguruan tinggi, ia lebih memilih tidak tinggal bersama orang tuanya agar ia bisa hidup lebih mandiri, bisa merasakan jauh dari orang tua dan suka duka bersama teman-temannya yang juga jauh dari orang tuanya.
PERISTIWA DAN MASALAH 3                                                                                                   
Pengalamannya pada saat ia menjalani tes perguruan tinggi adalah ia tidak menyangka bahwa ia akan lulus, karena pada saat itu ia melaksanakan ujian secara mendadak. Selama ia menempuh pendidikannya itu ia tidak memikirkan hal-hal yang lain kecuali pendidikannya, apa lagi mengenai soal percintaan yang dialami oleh banyak remaja pada saat ini. Ia magang di salah satu sekolah yaitu SMA 12 Semarang. Setelah ia lulus di perguruan tinggi yang ia tempuh, ia sempat  mengajar selama dua tahun di SMA Kesatuan di Samarinda.
PERISTIWA DAN MASALAH 4                                                                                                   
Saat ini Tri Sejati berprofesi sebagai guru kima di SMAN 1 TARAKAN sejak tahun 2000. Ia memilih mengajar di SMAN 1 TARAKAN karena menurutnya SMAN 1 TARAKAN merupakan sekolah favorit yang ada di TARAKAN dan juga muridnya mudah untuk diatur, meskipun juga ada anak murid yang masih melanggar peraturan, tetapi pelanggaran tersebut masih bisa di toleransi.  Ia mengajar mata pelajaran Kimia di kelas X, XI, maupun kelas XII. Dimana ketika ia mengajar di kelas X materi yang ia ajarkan sedikit sulit untuk diterima oleh murid-murid karena di kelas X materi yang di ajarkan adalah materi dasar, untuk kelas XI sudah sedikit mudah untuk menyampaikan materi karena materi yang ada di kelas XI merupakan materi yang sudah pernah di ajarkan di kelas X, sedangkan untuk kelas XII sudah mudah untuk menyampaikan materinya, karena materi yang diajarkan sudah disampaikan terlebih dahulu di kelas X dan XI oleh sebab itu murid mudah untuk menerimanya.
PERISTIWA DAN MASALAH 5                                                                                                   
Menurutnya, cara terbaik untuk menyampaikan materi kepada siswa secara efektif yaitu dengan cara meminta kepada siswanya untuk terlebih dahulu membaca materi yang ingin di pelajari pada saat itu, sehingga pada saat ia menyampaikan materi siswa sudah paham terhadap meteri tersebut. Jika, cara tersebut kurang efektif ia akan meminta kepada murid yang tidak paham akan materi untuk duduk di kursi depan, agar murid tersebut lebih paham akan materi yang di sampaikan olehnya.
 PERISTIWA DAN MASALAH 6                                                                                                  
Guru adalah cita-citanya sejak ia masih kecil, ia memilih untuk menjadi guru kimia karena ia menyukai pelajaran kimia sejak di tingkat SMA. Yang memotivasinya sebagai guru adalah orang tuanya, lebih tepatnya adalah ibunya. Tetapi pada saat ini ia sudah mempunyai keluarga baru, sehingga yang memotivasinya adalah suami dan anak-anaknya. Tri Sejati pun tidak memaksakan ketiga anaknya untuk mengikuti jejaknya dan suaminya untuk menjadi guru, melainkan ia memberikan kebebasan kepada anak-anaknya untuk memilih apa yang anaknya inginkan.



PERISTIWA DAN MASALAH 7                                                                                                   
Selain berprofesi sebagai guru di mata pelajaran kimia ia juga memiliki tanggung jawab sebagai Kesiswaan di SMAN 1 TARAKAN. Hambatan yang ia alami ketika memiliki tanggung jawab itu adalah murid yang sulit untuk di ajak kepada hal yang benar, contohnya murid-murid yang sulit untuk menjaga kebersihan sekolah maupun di luar sekolah.          
PERISTIWA DAN MASALAH 8                                                                                                   
Pengalaman yang paling berkesan bagi Tri Sejati ketika ia mengajar di SMAN 1 TARAKAN adalah ketika murid yang pernah menjadi anak muridnya menegurnya dan masih mengenalnya. Tetapi, adapun pengalaman yang tidak berkesan baginya yaitu ketika salah seorang murid melanggar aturan yang telah di tetapkan oleh sekolah, untuk itu ia berharap dan  berpesan untuk murid-murid SMAN 1 TARAKAN agar menerapkan sikap disiplin yaitu disiplin waktu, disiplin ilmu, serta disiplin beribadah. Selain itu juga harus semangat dalam belajar dan juga menaati peraturan yang dibuat oleh sekolah.

REORIENTASI                                                                                                                             
Setelah Tri Sejati menempuh perjalanan pendidikannya, terbukti pada saat ini ia menjadi seorang guru yang banyak dikenal oleh murid-muridnya sekarang maupun muridnya yang sudah lulus dan berkat ilmu yang diajarkannya muridnya dapat meraih cita-cita yang mereka impikan.  Ia adalah seorang guru yang terkenal akan kedisiplinannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar